Berkunjung ke Semarang, Jokowi Minta Pedagang Segera Tempati Pasar Johar - GROBOGAN TOP NEWS

Berkunjung ke Semarang, Jokowi Minta Pedagang Segera Tempati Pasar Johar


GTOPNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar pedagang Pasar Johar Semarang bisa segera menempati lapaknya di pasar itu. Meskipun sebelum semua pedagang bisa ditampungnya.
Terkait dengan hal itu, Presiden Jokowi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melanjutkan pembangunan yang saat ini masih berlangsung.
“Paling penting pedagang bisa masuk pasar dulu, meskipun saya tahu losnya belum cukup, sehingga nanti yang sebelah selatan akan dibangun lagi,” kata Jokowi usai meninjau progres revitalisasi proyek pembangunan Pasar Johar Jalan KH Agus Salim Kauman Semarang, Senin (30/12/2019).
Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gebernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
Dalam kesempatan itu,  Jokowi meminta pedagang yang menempati Pasar Johar yang baru saja selesai direnovasi itu, senantiasa menjaga bangunan pasar, apalagi ini merupakan cagar budaya.
 “Yang paling penting, sekarang Pasar Johar sudah dibangun jadi bagus. Pedagang harus dapat menjaga bangunan, kebersihan, dan kerapihannya. Harus dijaga jangan sampai becek, apalagi bau. Itu yang penting,” ujar Jokowi.
Revitalisasi Pasar Johar dilakukan Kementerian PUPR dengan nilai kontrak sebesar Rp 146,09 miliar.  Sebagai pelaksananya adalah PT Nindya Karya (BUMN).
Pekerjaan yang dilakukan di antaranya rehabilitasi bangunan, pekerjaan rangka atap lengkung, mekanikal elektrikal, pemasangan paving, pemasangan tegel los penjual daging, pengecatan rangka meja lapak, dan pembuatan bak kontrol drainase.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, pihaknya siap meneruskan pembangunan Pasar Johar bagian selatan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.
“Kalau Johar tadi blok yang dikerjakan 4 tingkat. Terus ini Pak Presiden memerintahkan saya selesaikan, ya saya selesaikan semua. Mudah mudahan (yang sisi selatan) mulai tahun ini,” kata Menteri Basuki.
Dia juga berharap agar para pedagang yang saat ini menempati pasar relokasi segera bisa kembali ke Pasar Johar. “Secepatnya supaya aktivitas perdagangan di pasar ini segera pulih,” ujarnya.
Setelah melakukan kunjungan di Pasar Johar, Jokowi beserta rombongan meninjau progres revitalisasi pembangunan proyek Kawasan Kota Lama Semarang di Jalan Letjen Suprapto dengan bersepeda. (syam/TN).



Berkunjung ke Semarang, Jokowi Minta Pedagang Segera Tempati Pasar Johar Berkunjung ke Semarang, Jokowi  Minta Pedagang Segera Tempati Pasar Johar Reviewed by samsul huda on December 30, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD