40.000 Desa Bentuk Relawan, Mendes PDTT: Lawan Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

40.000 Desa Bentuk Relawan, Mendes PDTT: Lawan Covid-19


GTOPNEWS.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, sebanyak 40.000 desa sudah membentuk relawan untuk penanganan Covid-19 di desa-desa. Data ini memenuhi sekitar 53 persen jumlah desa yang ada.
‘’Masih ada 47 persen desa belum terbentuk,’’ kata Halim melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB Jakarta Timur, Minggu (19/4/2020).
Ia mengatakan, 40.000 desa itu masih dalam proses utamanya di basis-basis yang hari ini sedang menghadapi situasi. Sementara 47 persen desa lainnya masih terus berproses dan tiap hari pihaknya melakukan pemantauan, evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan pembentukan relawan tersebut.
Halim mengatakan di desa-desa para relawan akan membentuk pos jaga desa selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat yang masuk atau pergi ke luar desa.
"Kemudian di dalam salah satu relawan adalah membentuk pos jaga desa. Pos jaga desa ini satu hal yang sangat penting hari ini untuk memantau mobilitas warga desa baik warga desa dari dalam maupun keluar,"ujarnya.
Pos jaga desa, disebut Halim sebagai cerminan bahwa pemerintah desa serius melakukan pengawasan terkait Covid-19. Ia berharap pos jaga desa dibentuk oleh para relawan desa di wilayahnya masing-masing.
"Pos jaga desa ini sangat penting dalam konteks untuk melakukan pemantauan warga desa yang keluar maupun yang dari luar. Supaya apa, supaya memberikan rasa aman bahwa desanya dilakukan pengawasan dengan serius," ujarnya.
Halim meyakini masyarakat harus mematuhi arahan pemerintah mengenai physical distancing di wilayahnya. Halim mengimbau tak ada lagi warga yang berkeliaran dan pergi ke suatu daerah tertentu.
"Kita semua maklum bahwa satu hal yang betul diperhatikan hari ini adalah social distancing atau physical distancing termasuk mobilitas daerah yang dituju," katanya. (syam/TN)

40.000 Desa Bentuk Relawan, Mendes PDTT: Lawan Covid-19 40.000 Desa Bentuk Relawan, Mendes PDTT: Lawan Covid-19 Reviewed by samsul huda on April 19, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD