Jubir MA Andi: Hampir Final MA Buat Pedoman Pemidanaan Tipikor - GROBOGAN TOP NEWS

Jubir MA Andi: Hampir Final MA Buat Pedoman Pemidanaan Tipikor


GTOPNEWS.COM – Mahkamah Agung (MA) tengah menyusun pedoman pemidanaan perkara tindak pidana korupsi (Tipikor). Bahkan penyusunannya sudah dalam tahap finalisasi dan ditargetkan tuntas tahun ini.
Hal itu dikatakan jubir MA Andi Samsan Nganro di Gedung MA Jakarta, Selasa (21/4/2020).
Ia mengatakan pembahasannya saat ini sudah sampai pada tahap kesimpulan dan finalisasi rancangan pedoman pemidanaan tindak pidana korupsi. Diharapkan rancangan Pedoman Pemidanaan tersebut selesai tahun ini.
Andi mengakui pedoman pemidanaan itu memang sangat diperlukan. Bahkan ia mengatakan perihal pedoman pemidanaan sebenarnya sudah jadi pembahasan di MA sejak 1980-an.
Andi mengatakan pada awal tahun 2019, MA kembali serius membahas tentang penyusunan pedoman pemidanaan, khususnya perkara tipikor.
Ditegaskan, awal tahun 2019 MA telah membentuk kelompok kerja (Pokja) penyusunan pedoman pemidanaan perkara tindak pidana korupsi. Pembentukan Pokja itu berdasarkan Keputusan Ketua MA-RI Nomor 189/KMA/SK/IX/2018.
Andi menerangkan dalam Pokja didukung tim peneliti MaPPI FHUI. Menurutnya, Pokja dan Tim peneliti MaPPI FHUI sudah secara rutin melalukan pertemuan dengan berbagai pihak, baik Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM hingga KPK.
Menurutnya, saat ini pembahasan mengenai pedoman pemidanaan sudah hampir tuntas. Ia mengatakan pedoman pemidanaan itu memuat segala pertimbangan dalam memutus perkara, mulai dari aspek memberatkan dan meringankan bagi terdakwa.
Pedoman Pemidanaan ini, katanya, telah dipertimbangkan berbagai aspek pemidanaan, termasuk keadaan yang memberatkan dan yang meringankan terdakwa serta peran dan kadar kesalahan terdakwa. (syam/TN)

Jubir MA Andi: Hampir Final MA Buat Pedoman Pemidanaan Tipikor Jubir MA Andi: Hampir Final MA Buat Pedoman Pemidanaan Tipikor Reviewed by samsul huda on April 21, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD