Kementan Rehabilitasi Irigasi Tersier Rp 160 Miliar di 32 Provinsi - GROBOGAN TOP NEWS

Kementan Rehabilitasi Irigasi Tersier Rp 160 Miliar di 32 Provinsi


Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, RJIT merupakan faktor penting dalam proses usaha tani yang memiliki dampak langsung terhadap peningkatan luas areal tanam.
"Kegiatan RJIT tahun 2020 dialokasikan sebesar 135.600 hektare. RJIT ini dialokasikan di daerah-daerah melalui dana tugas pembantuan (DTP)," kata Menteri Syahrul di Jakarta, kemarin.
Ia mengatakan pengelolaan air irigasi dari hulu (upstream) sampai dengan hilir (downstream) memerlukan sarana dan prasarana (sapras) irigasi yang memadai. Sapras itu dapat berupa bendungan, bendung, saluran primer, saluran sekunder, boks bagi, dan saluran tersier serta saluran tingkat usaha tani.
RJIT ini dilakukan di 32 provinsi. Dari laporan Dirjen Sapras program itu diikuti lebih dari 300 kabupaten/kota.
Syahrul menambahkan, tidak berfungsinya salah satu bangunan irigasi akan mempengaruhi kinerja sistem irigasi yang ada. Sehingga mengakibatkan efisiensi dan efektifitas irigasi menurun. (syam/TN) 



Kementan Rehabilitasi Irigasi Tersier Rp 160 Miliar di 32 Provinsi Kementan Rehabilitasi Irigasi Tersier Rp 160 Miliar di 32 Provinsi Reviewed by samsul huda on April 12, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD