Kementerian BUMN Beli 18 PCR untuk Percepat Tes Uji Dahak Tenggorokan - GROBOGAN TOP NEWS

Kementerian BUMN Beli 18 PCR untuk Percepat Tes Uji Dahak Tenggorokan


GTOPNEWS.COM - Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan, bahwa pemerintah sudah mengantisipasi puncak pandemi virus corona di Indonesia dengan melengkapi polymerase chain reaction (PCR). Yaitu alat pendeteksi corona metode swab dengan mengambil sampel dahak dari tenggorokan.
"Saat ini Kementerian BUMN telah mendapatkan 18 unit PCR. Dengan itu uji tes swab bisa meningkat menjadi 9.000 tes per hari," kata Doni usai mengikuti rapat terbatas (Ratas) bersama Presiden Jokowi melalui vitur, Senin (13/4/2020).
Sampai saat ini dilaporkan Tim Gugus Cepat Penanganan Covid-19,  sudah ada sebanyak 27 ribu orang di Indonesia yanjg telah menjalani tes PCR.
Presiden Jokowi dilaporkan sudah meminta Kementerian Kesehatan dan bantuan Gugus Tugas agar Indonesia bisa melakukan tes swab hingga 10 ribu per hari.
"Ini memang perlu kita upayakan secara maksimal, karena masa puncak corona di Indonesia diperkirakan 5-6 minggu yang akan datang," kata Doni.
Ia menegaskan, Gugus Tugas juga sudah menerima sejumlah permintaan dari swasta yang bekerja sama dengan BUMN untuk peningkatan tes PCR. Langkah ini sudah didukung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.
"Sudah mendapatkan dukungan dari Menkes untuk memanfaatkan salah satu pihak di Beijing Institute yang nantinya akan back up peningkatan kapasitas PCR di negara kita," ujar Doni.
Sebelumnya, Jokowi menyambut baik Kementerian BUMN yang sudah menyediakan alat tes PCR. Ia berharap alat tersebut bisa segera digunakan untuk mendeteksi corona.
"Saya sangat menghargai pengadaan 18 buah alat tes PCR cepat yang dilakukan oleh Kementerian BUMN yang minggu ini saya kira 1, 2, 3 alat itu sudah bisa diinstall," kata Presiden Jokowi. (syam/TN)

Kementerian BUMN Beli 18 PCR untuk Percepat Tes Uji Dahak Tenggorokan Kementerian BUMN Beli 18 PCR untuk Percepat Tes Uji Dahak Tenggorokan Reviewed by samsul huda on April 13, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD