Lagi, Pasien PDP Dirawat di RSI Purwodadi Meninggal Dunia - GROBOGAN TOP NEWS

Lagi, Pasien PDP Dirawat di RSI Purwodadi Meninggal Dunia


GROBOGAN (GTopNews.Com) -  Seorang Pasien Dalam Pengawasan ( PDP) yang diisolasi di RS Islam Purwodadi, Grobogan (Jateng) meninggal dunia, Senin (13/4/2020).
Pasien laki-laki berusia 55 tahun itu, berasal dari Desa Depok, Kecamatan Toroh.
"Ya status laki-laki itu PDP rujukan dari Puskesmas Toroh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan Slamet Widodo di Purwodadi, Selasa (14/4/2020).
Pasien itu dirawat di RSI Purwodadi Minggu 12 April 2020 pukul 09.30 WIB. Oleh pihak RSI pasien tersebut langsung diambil sampel darahnya melalui rapid tes. Namun hasilnya diminta menunggu minggu depan, sebab pihak laborat di Yagyakarta tak dapat memeriksanya pada hari itu mengingat antrinya banyak.
Sehari kemudian Senin 13 April 2020  pukul 17.40 WIB pasien PDP itu meninggal dunia. Oleh pihak RSI jenazah dikirim ke RSUD dr Soedjati Purwodadi. Karena RSI  belum memiliki kamar pemulasaran jenazah.
Penanganan pemakaman jenazah itu menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemulasaran pasien terinfeksi Covid-19.
Hal itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Meskipun pasien tersebut belum bisa diketahui apakah positif Covid-19 atau tidak. Jenazah dimakamkan di Desa Depok Kecamatan Toroh Selasa (14/4) pukul 10.00 WIB.
Diperoleh keterangan, sebelumnya 7 April 2020 pasien itu  pulang dari tempatnya kerja sebagai buruh bangunan di Kabupaten Semarang.  Tiga hari kemudian dia mengeluh sakit tenggorokan, kemudian berobat  di Bidan Desa Sindurejo. Oleh bidan yang bersangkutan disarankan berobat lagi ke Puskesmas Toroh.
Lalu Sabtu 11 April pasien itu periksa ke Puskesmas Toroh dengan keluhan batuk, demam dan sesak nafas. Pasien ini juga mempunyai riwayat hipertensi, diabetis dan asam urat.
Pihak Puskesmas langsung koodinasi dengan Dinas Kesehatan untuk penanganan pasien itu selanjutnya. Bahkan sempat dimintakan supaya bisa ditangani di RSUD dr Soedjati Purwodadi.  Tapi oleh dinas dikatakan, kamar rumah sakit untuk pasien PDP dalam keadaan penuh. Maka pasien tersebut akhirnya dirawat di RSI.
Beberapa hari sebelumnya pasien PDP yang dirawat di RSUD dr Soedjati Purwodadi meninggal dunia. Lelaki umur 55 asal Danyang Purwodadi ini meninggal diduga akibat penyakit penyerta yang diderita pasien tersebut sebelumnya. (syam/TN)

Lagi, Pasien PDP Dirawat di RSI Purwodadi Meninggal Dunia Lagi, Pasien PDP Dirawat di RSI Purwodadi Meninggal Dunia Reviewed by samsul huda on April 14, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD