KPK Menilai Pilkada di Tengah Covid-19 Suburkan Politik Uang - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Menilai Pilkada di Tengah Covid-19 Suburkan Politik Uang


GTOPNEWS.COM -  KPK khawatir pilkada menyoroti bahwa Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 akan menyuburkan politik uang.
Mengapa karena menurut KPK, ada potensi politik uang yang berkedok bantuan sosial untuk penanganan dampak Covid-19. 
Direktur Direktorat Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi KPK Wijanarko mengatakan diakui atau tidak, politik uang akan bersembunyi di balik program Covid-19.
‘’Di lapangan terkait dengan hal itu sudah banyak terjadi,” kata Wijan dalam diskusi di kanal Youtube KPK Jakarta Selatan, Selasa (16/6/2020).
Ia menjelaskan politik uang itu berpotensi sembunyi di balik bansos. Dan celakannya bansos tersebut diberikan dalam bentuk uang tunai, jadi akan sangat berbahaya.
Politik uang menurutnya, hanya salah satu ancaman yang akan muncul bila pemerintah memaksa menggelar Pilkada 2020 saat pandemi Covid-19.
KPK memperkirakan muncul banyak kerugian lainnya seperti tingkat partisipasi yang rendah hingga munculnya klaster baru Covid-19.
KPK menyarankan pemerintah menimbang ulang menyelenggarakan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19. KPK menyarankan Presiden Joko Widodo atau Komisi Pemilihan Umum membuat aturan yang menundanya.
Sebelumnya, KPU memutuskan melanjutkan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 digelar serentak 9 Desember 2020. (syam/TN)

KPK Menilai Pilkada di Tengah Covid-19 Suburkan Politik Uang KPK Menilai Pilkada di Tengah Covid-19 Suburkan Politik Uang Reviewed by samsul huda on June 16, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD