KPK Sebut Bupati Meranti M Adil Terima Suap Tender Proyek Umroh Takmir Masjid Rp 1,6 Miliar - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Sebut Bupati Meranti M Adil Terima Suap Tender Proyek Umroh Takmir Masjid Rp 1,6 Miliar

 

GTOPNEWS.COM - KPK menyebut Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil (MA) menerima suap Rp 1,4 miliar – Rp 1,6 miliar dari perusahaan travel umrah. Uang suap itu diterima Adil setelah membantu memenangkan proyek pemberangkatan umrah bagi para takmir masjid di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan bahwa tersangka MA (M Adil) selaku Bupati Meranti menerima uang itu dari PT TM (Tanur Muthmainnah) melalui FN (Fitria Ningsih) yang bergerak dalam bidang jasa travel perjalanan umrah.

‘’Uang itu merupakan suap proyek pemberangkatan ibadah umroh bagi para takmir masjid di Meranti yang ditemukan Tim Penindakan KPK saat OTT di Pemkab Meranti,’’ kata Alex ujar dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2023) malam.

Alex menegaskan lagi bahwa M Adil menerima suap itu, karena turut membantu memenangkan PT Tanur Muthmainnah dalam memenangkan tender proyek pemberangkatan umrah para takmir masjid.

Alex mengatakan, selain dijerat sebagai penerima suap travel umrah, Adil juga dijerat dalam kasus dugaan korupsi pemotongan anggaran seolah-olah sebagai utang kepada penyelenggara negara atau yang mewakilinya tahun anggaran 2022-2023 dan dugaan pemberian suap pengondisian pemeriksaan keuangan tahun 2022 di Pemkab Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

KPK menjerat Kepala BPKAD Pemkab Kepulauan Meranti Fitria Nengsih (FN) yang terlibat dalam pemotongan anggaran itu dan Pemeriksa Muda Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau M Fahmi Aressa (MFA).

‘’Dari delapan yang diperiksa di KPK, tiga di antaranya ditetapkan sebagai tersangka,’’ kata Alex dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/4/2023).

Ia mengatakan, dari hasil penyidikan KPK, Bupati Meranti M Adil menerima setoran lainnya dari semua SKPD di Pemkab Meranti dan setoran-setoran proyek total sebesar Rp 26,1 miliar.

Uang itu akan digunakan untuk operasional pencalonan Gubernur Riau Pemilu 2024.

Alex mengatakan, dalam OTT di Meranti, Tim KPK mengamankan 28 orang dari pejabat di Pemkab Meranti. Setelah diperiksa di lokasi dekat tempat kejadian, delapan di antaranya dinyatakan layak dibawa ke Jakarta untuk diperiksa lanjutan.

Dari delapan orang itu, kata Alex, hanya ada tiga yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka kini ditahan di  Rutan KPK. (syam/TN)

KPK Sebut Bupati Meranti M Adil Terima Suap Tender Proyek Umroh Takmir Masjid Rp 1,6 Miliar KPK Sebut Bupati Meranti M Adil Terima Suap Tender Proyek Umroh Takmir Masjid Rp 1,6 Miliar Reviewed by samsul huda on April 08, 2023 Rating: 5

No comments

Post AD